Rabu, 27 November 2013

Macam-macam buah durian

JENIS DURIAN UNGGUL DI INDONESIA

Indonesia sebagai tempat asal durian, punya banyak sekali jenis durian, baik yang durian yang sudah dibudidayakan atau jenis durian hutan yang kurang komersiil. Dari sekian banyak jenis durian ini ada beberapa varietas yang termasuk durian unggul baik karena rasa, ukuran dan kualitas daging buahnya.  Pemerintah sebenarnya sudah menetapkan 67 Jenis Durian unggul asli Indonesia, tetapi kayaknya program ini kurang bersinar, sehingga yang kita kenal cuma durian monthong aja. Mungkin saking banyaknya jenis durian unggul di Indonesia pemerintah jadi bingung, kalau di thailand cuma fokus pada dua varietas saja yang dikembangkan dengan serius sehingga terkenal di seluruh dunia. 

Berikut beberapa durian unggul yang berpotensi untuk dibudidayakan:
1. Durian Monthong,
Meski durian ini berhasil dimuliakan di thailand namun sejatinya bibitnya berasal dari pulau kalimantan. Durian ini kita masukkan sebagai durian asli Indonesia saja.  Buahnya terlihat menonjol dan ukurannya besar sehingga menggoda iman.  memiliki rasa manis legit dan aroma harum yang disukai kebanyakan konsumen durian. Durian Monthong banyak disukai petani durian karena mampu berproduksi pada umur 4-5 tahun sejak di tanam. Produksi buahnya cukup banyak. Mampu beradaptasi pada berbagai tempat, Bentuk buah bervariasi, dari bulat panjang sampai hampir persegi. Durinya besar dan tersusun jarang. Bobot buahnya mampu mencapai 13 kg.

2. Durian Petruk.
Durian Petruk ini terkenal dengan rasanya yang ekstra legit dibanding jenis durian lain.  Durian petruk berasal dari Jepara Jawa Tengah. Ciri-ciri durian petruk adalah rasanya yang manis, bentuk buah lonjong alur seperti buah belimbing,aroma mantab, manis, lezat agak pahit, baunya yang menyengat, daging buahnya tebal, dan bijinya yang kecil dan daging buahnya yang tidak lembek.
Jadi kalau anda jalan-jalan di daerah Jawa Tengah jangan lupa cicipi Duren ini. Jika ke semarang jangan lupa mampir di  daerah Jepara dan rasakan durian petruk di tempat asalnya.tapi lihat juga musim panen duren di sana.

3. Durian Mimang
Durian Mimang  merupakan durian Unggul dari Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian Mimang pernah juara ke 2 lomba durian se Asia Tenggara, Durian Mimang memiliki rasa Lebih manis, Legit, daging buah tebal 2-3 cm, biji kempes, kulit kempes.

4. Durian Matahari
Durian Matahari durian Unggul Nasional dengan rasa manis legit pulen daging buah tebal berwarna kuning seperti pancaran sinar matahari oleh karena itu disebut durian matahari .   Kelebihan durian matahari adalah tanpa biji dengan daging buah tebal, rasanya manis, dan beraroma.

5. Durian Candy (Candimulyo)

Durian yang panjang dan besar asli Magelang jawa Tengah.  Rasanya, sangat sesuai dengan lidah para penggemar buah durian, manis, agak-agak pahit. Durian dari Candimulyo menjadi spesial karena buahnya yang besar, daging tebal, rasa manis khas durian unggulan, manis-manis pahit, serta pongge (bijih durian) kecil. 

6. Durian Bawor
Durian Bawor Monthongnya Banyumas  merupakan Durian monthong Orange. Bibit durian bhinneka bawor di hasilkan dari berbagai macam jenis spesies durian yang dijadikan menjadi satu batang dengan batang pokoknya bibit durian montong dengan spesies-spesies yang lain dari bibit durian lokal yang mutunya bagus.
Durian Bawor Berkaki Empat merupakan durian montong orange yang memiliki batang yang di sambung/okolasi langsung dengan tanaman durian lain yang menjadi ”kaki baru” yang salah satunya adalah untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, karena serapan unsur haranya bisa lebih.

Durian Bawor mempunyai beberapa keunggulan antara lain : umur 3-4 tahun sudah mulai berbuah, satu tahun bisa panen 3 kali, 1 buah mempunyai berbagai macam rasa, daging buahnya tebal rasanya legit, bijinya kecil / tipis, sistim perakarannya baik karena mempunyai kaki empat sehingga memudahkan mencari nutrisi dalam tanah maka semakin tua umur tanaman semakin lebat / banyak buahnya. Bahkan pohon induknya yang berumur 7 tahun dalam 1 tahun mampu menghasilkan 2 ton durian. Durian bawor dapat dipanen 3 kali dalam setahun sedangkan pohon-pohon durian yang lain hanya dapat dipanen setahun sekali, untuk memanennyapun tidak terlalu sulit karena rata-rata tinggi tanaman durian bawor hanya 2 s/d 3 meter .

7. Durian Si Mas

Manfaat dan kandungan buah durian

Manfaat dan kandungan buah durian, Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.
Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio.[1] Namun demikian, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). (http://id.wikipedia.org/wiki/Durian)
Pohon durian merupakan tanaman liar yang berasal dari hutan Sumatra, kalimantan, dan Malaysia. Nama durian sendiri diambil dari karakteristik buahnya yang memiliki kulit rapat berduri dengan nama latin Durio zibenthinus Murr.
Bahkan seorang naturalis bernama Alfred Russel Wallace mengatakan bahwa durian adalah buah yang mirip puding dan diperkaya dengan rasa almond, kadang-kadang seperti es krim rasa keju, bercampur saus bawang, anggur, dan bermacam rasa yang unik.

Selain mendapat julukan ‘The King of Fruit’ durian juga mendapatkan julukan sebagai buah ‘bintang lima’ karena kandungan gizinya yang lengkap dibanding buah yang lain. Di antara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga ada zat gizi utama seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein.
Menurut tim peneliti dari Ohio State University, phytonutrient yang terkandung dalam buah durian diklaim mampu mematikan zat penyebab kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, diabetes, serta penyakit jantung.
Durian juga diperkaya dengan polifenol dan antioksidan seperti vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah durian bisa mencapai 200 mg/100 gr daging buah. Angka tersebut merupakan nilai tertinggi kandungan vitamin C pada buah.
Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo juga memberikan catatan penting tentang kandungan durian. Berdasarkan hasil riset mereka, kandungan zat phytosterol dalam durian berguna antara lain untuk memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memperbaiki daya tahan tubuh terhadap serangan kanker, dan membantu menghambat pertumbuhan tumor.
Selain rasa memiliki rasa yang nikmat dan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, buah durian juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tak kalah pentingnya, seperti:
Mencegah Penuaan Dini
Vitamin C yang terkandung dalam durian merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.
Mencegah Depresi
Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon penting yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stres dan depresi.
Meningkatkan Kemampuan Otak
Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.
Obat Tidur Alami
Bagi Anda yang susah tidur dan jarang mendapatkan tidur berkualitas, mungkin mengonsumsi durian bisa menjadi solusi alternatif yang tepat. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.
Lantas bagaimana dengan rumor yang beredar bahwa durian dapat membahayakan kesehatan?
Buah durian dapat mengganggu kesehatan jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Bahkan bisa mengakibatkan kematian jika Anda mengonsumsinya bersama dengan minuman beralkohol. Agar buah durian dapat dirasakan manfaat sehatnya, cukup konsumsi 100-200 gr saja sekali makan.
Nah itulah khasiat buah durian untuk kesehatan tubuh manusia.

CARA SINGKAT BUDIDAYA BUAH DURIAN


CARA SINGKAT BUDIDAYA BUAH DURIAN


tipspetani:Buah durian adalah buah musiman, saat ini buah ini mengalami peningkatan dalam hal permintaan karena sikit yang membudidayakan, kebanyakan keuntungan nya kurang memuaskan. Namun jika dalam budidaya dilakukan dengan cara yang baik maka akan menghasilkan pendapatan yang maksimal… berikut adalah cara budidaya durian yang baik.
:
SYARAT PERTUMBUHAN
Tanaman durian tumbuh optimal pada ketinggian 50-600 m dpl,intensitas cahaya 40-50 %, dengan suhu 22-30 0C, curah hujan ideal 1.500 - 2.500 mm per-tahun. Tanah yang cocok, lempung berpasir subur dan banyak kandungan bahan organik, dan pH 6 - 7.
PEMBIBITAN
Pilih bibit tanaman yang subur, segar, sehat, daun banyak, batang kokoh, bebas hama & penyakit, percabangan 2-4 arah dan ada tunas baru
PERSIAPAN LAHAN
Pembukaan lahan sebaiknya pada musim kemarau. Bersihkan alang-alang dan gulma lain serta tanaman keras yang mengganggu masuknya sinar matahari. Lahan miring sebaiknya dibuat terasering. Buat saluran-saluran pembuangan air.
JARAK TANAM
Jarak tanam yang umum 8 x 12 m atau 10 x 10 m
TANAMAN PELINDUNG
Skala luas di tempat terbuka mutlak diperlukan tanaman pelindung,misal lamtoro,turi,gamal,sengon atau pepaya. Tanaman pelindung ditanam setelah penyiapan lahan.
LUBANG TANAM
Buat lubang tanam ukuran 50 cm2. Pisahkan tanah bagian atas dengan bagian bawah dan biarkan selama + 2 minggu. Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang matang 20 kg + 5 gr Natural GLIO + 10 kg Dolomit sampai rata sebagai media tanam, kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam lubang tanam dan biarkan 1 minggu sebelum bibit ditanam.
PENANAMAN
Penanaman yang ideal pada awal musim hujan. Gali lubang tanam yang berisi campuran media tanam sesuai ukuran bibit. Ambil bibit dan buka plastik pembungkus tanah secara hati-hati. Tanam bibit sebatas leher akar tanpa mengikutkan batangnya. Siram air secukupnya setelah selesai tanam. Akan lebih baik ditambah pupuk organik dosis 1 botol untuk ± 200 tanaman . 1 botol diencerkan dalam 2 liter (2000 ml) air dijadikan larutan induk. Kemudian setiap 1 liter air diberi 10 ml larutan induk lalu siramkan setiap pohon atau siramkan 1 sendok makan per 10 liter air per pohon.
PENGAIRAN
Pengairan dilakukan sejak awal pertumbuhan sampai tanaman berproduksi. Pada waktu berbunga, penyiraman dikurangi. Penyiraman paling baik pagi hari.
PEMANGKASAN
Pangkas terhadap tunas-tunas air, cabang atau ranting yang sudah mati dan terserang hama penyakit, serta ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari. Ketika tanaman mencapai ketinggian tertentu 4-5 m, pucuk tanaman dipangkas.
PEMUPUKAN
Dosis dan jenis pupuk tergantung pada jenis dan kesuburan tanah atau sesuai rekomendasi setempat,
PEMANENAN
Waktu panen berbeda tergantung jenis varietas. Jenis monthong sekitar 125 - 135 hari setelah bunga mekar, jenis chanee sekitar 110 - 116 hari setelah bunga mekar. Buah durian mengalami tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar. Waktu petik berdasar tanda-tanda fisik, misal ujung duri coklat tua, garis-garis di antara duri lebih jelas, tangkai buah lunak dan mudah dibengkokkan, ruas-ruas tangkai buah membesar, baunya harum, terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul. Cara penen dengan memetik atau memotong buah di pohon dengan pisau atau galah berpisau. Bagian yang dipotong adalah tangkai buah dekat pangkal batang dan usahakan buah durian tidak sampai terjatuh karena mengurangi kualitas buah. 
Somoga bermanfaat bagi yang membacanya…

Si Mas yang asli Bogor memiliki daging buah kuning dan kenyal.

Cara Memilih Buah Durian yang Bagus

Written By Pak Sandi on Kamis, 16 Mei 2013 | 11.32



Durian (Bombaceae sp) merupakan salah satu buah tropis yang cukup banyak memiliki penggemar di hampir seluruh penjuru dunia. Sebutan durian sendiri berasal dari bahasa melayu yang diambil dari kata duri dan kemudian diberi akhiran-an. Cara memilih buah durian yang bagus juga memerlukan suatu ketelitian dan kejelian. Hampir setiap orang yang ingin membeli buah ini memiliki cara tersendiri untuk menentukan mana yang durian sudah matang dan berkualitas baik dan mana yang bukan. 


Berikut ini kami akan memberikan sedikit tips cara memilih durian berkualitas baik.

1.     Pilihlah buah durian yang memiliki bentuk bulat dan simetris. Hindari memilih buah durian yang berbentuk lonjong, tak beraturan/asimetris karena biasanya buah durian yang berbentuk bulat memiliki bentuk juring yang luas sehingga daging buah yang dihasilkan juga lebih padat dan tebal.

2.     Pilihlah buah durian yang memiliki bau tajam dan menyengat. Meskipun pada umumnya buah durian yang matang akan aberwarna kuning,akan tetapi pada beberapa varietas tertentu ada yang masih berwarna hijau tetapi buah tersebut matang. Anda dapat menciumnya dari luar, jika memiliki aroma menyengat dan wangi, dapat dikatakan buah tersebut sudah siap untuk dikonsumsi.

3.     Cara memilih durian yang bagus yang terakhir adalah dengan memukul-mukul bagian kulit buah durian sengan sebuah benda tumpul. Buah durian yang telah matang biasanya akan memiliki rongga didalamnya sehingga ketika kita memukul-mukul bagian luar buah tersebut akan menghasilkan suara yang cukup khas dan menggema. Apabila ketika dipukul tidak menghasilkan suara bergema tersebut, dengan asumsi tidak ada rongga didalamnya, maka dapat dikatakan bahwa buah tersebutmasih belum matang
 

BEBERAPA PRODUK OLAHAN BUAH DURIAN


Rate This

Durian (Durio Zibethinus) merupakan salah satu tanaman tropis yang menghasilkan buah yang lezat sehingga banyak digemari.  Pada saat musim berbuah durian banyak dipasarkan dalam keadaan segar dengan tingkat harga yang bervariasi. Pada umumya buah durian dikonsumsi dalam keadaan segar dan hanya sedikit yang diolah jadi produk olahan.  Bagi para petani salah satu masalah yang dihadapi adalah tingginya perbedaan harga jual ditingkat petani dengan harga jual pengecer.  Selain itu teknologi pengolahan duah durian sangat terbatas sehingga petani terpaksa menjual dalam keadaan segar dengan harga yang ditentukan oleh pedagang pengumpul.  Salah satu usaha yang perlu dilakukan petani adalah menguasai beberapa teknologi pengolahan buah durian sehinga tercipta beberapa alternatif penjualan, selain itu juga harus dikuasai beberapa teknologi pengawetan buah durian sehinga buah durian dapat disimpan dalam waktu yang  relatif lama.   

1. PENGAWETAN BUAH DURIAN
A. Bahan
  • Buah durian
  • Tepung agar (jelly)

B. Alat
  • Pisau
  • Baskom
  • Kompor

C. Cara Kerja
  • Kupas buah durian dan keluarkan buahnya dengan hat-hati agar tidak terkelupas daging buahnya.
  • Aduk 40 gram tepung agar (jelly) dalam air kemudian dimasak sampai mendidih
  • Setelah mendidih, dinginkan sampai suhu sekiar 40 oC.
  • Masukkan buah durian satu persatu kemudian biarkan dalam air tersebut sekitar 5 detik.
  • Angkat dan tiriskan, kemudian dikemas atau dibungkus dengan kantong plastik
  • Simpan dalam lemari pendingin/kulkas (biasanya tahan selama sekitar 6 bulan)
2. PEMBUATAN TEPUNG DURIAN
A. Bahan :
  • Buah durian

B. Alat :
  • Pisau
  • Wadah anti lengket
  • Oven
  • Penggiling tepung
  • Ayakan

C. Cara Kerja :
  • Kupas buah durian dan keluarkan daging buahnya
  • Tempatkan daging buah durian pada wadah anti lengket kemudian dikeringkan pada oven (bisa juga dijemur dengan sinar matahari)
  • Setelah kering dilakukan penggilingan sampai halus
  • Lakukan pengayakan, setelah itu dikemas dengan kantong plastik

3. PEMBUATAN JELLY DURIAN
A. Bahan  :
  • Daging buah durian           :  200 gram
  • Tepung jeli                         :  25 gram (2 sendok makan penuh)
  • Gula pasir                          :  500 Gram
  • Garam                               :  5 Gram
  • Air                                      :  2,5 liter

B. Alat  :
  • Kompor.
  • Panci perebus.
  • Pisau
  • Blender
  • Cup sealer dan cup plastik (bila dikemas dalam cup plastik)
  • Plastik  (bila dikemas dalam plastik)
C. Cara Kerja  :
  • Durian dikupas dan diambil isinya sekitar 200 gram lalu dihancurkan dengan blender
  • Aduk 500 gram gula pasir dengan dengan 25 Gram tepung jeli dan  garam 5 gram
  • Campurkan semua bahan dan masak dengan 2,5 liter air bersih sampai mendidih (lakukan pengadukan selama pemasakan)
  • Setelah masak bahan dikemas dengan menggunakan kantong plastik atau cup plastik.
  • Setelah dikemas dengan baik dan tidak bocor, lakukan pasteurisasi dengan cara merebusan sekitar 10 menit dengan suhu sekitar 80 0C (tidak  perlu sampai mendidih).
Catatan :
  • Penggunaan jeli bisa dikurangi menjadi 15 gram sesuai dengan kekentalan yang diinginkan.
  • Durian segar bisa diganti dengan tepung durian sebanyak 50 gram

4. Pembuatan Lempok Durian
A. Bahan :
  • Daging buah  durian          : 2 Kg
  • Kelapa                               : 1 buah
  • Gula Pasir                         : 400 gram
  • Gula merah                       : 100 gram
  • Tepung maizena               : 50 gram
  • Daun pandan                    : 2 lembar
  • Vanili                                 : 5 gram
  • Garam                               : 10 gram

B. Alat :
  • Pisau
  • Timbangan
  • Kompor
  • Kuali

C. Cara Kerja :
  • Buah durian dikupas dan diambil isinya
  • Masukkan dalam kuali dan tambahkan santan kental, gula pasir, gula merah, vanili, garam dan daun pandan
  • Masak dengan api sedang dan terus diaduk, selama pengadukan dimasukkan tepung maizena,
  • Pemasakan dihentikan bila bahan tidak lagi lengket pada kuali
  • Setelah selesai pemasakan adonan didinginkan kemudian dicetak sesuai dengan keinginan
Catatan :
  • Bahan/resep bisa disesuaikan menurut selera

  • Jumat, 28 Januari 2011

    Kumpulan resep Olahan Durian

    Berikut ini adalah resep-resep tentang cara mengolah durian, yang saya kumpulkan dari beberapa tulisan. semoga terinspirasi.


    ES DURIAN 1

    * 1 L santan dari 1 butir kelapa parut
    * 50 g cokelat masak pekat
    * 100 ml krim kental
    * 600 g daging buah durian tanpa biji,
    * bekukan daging buah durian dalam freezer hingga saat disajikan.
    * 1000 g es serut
    * Sirop gula, rebus hingga kental:
    * 300 g gula pasir
    * 200 ml air

    Cara membuat:
    * Didihkan santan sambil aduk-aduk supaya tidak pecah. Angkat, biarkan dingin. Sisihkan.
    * Lelehkan cokelat masak, tambahkan krim kental, aduk rata. Angkat.
    * Ambil durian beku, masukkan ke dasar gelas saji. Tambahkan sirop gula, tuangi santan, dan tambahkan es serut.
    * Tuangi cokelat leleh. Sajikan dingin.

    Untuk 6 porsi



    ES DURIAN 2

    Bahan:
    Durian montong 1,5 butir
    Gula cair 3 sdm
    Susu kental secukupnya
    Es serut 150 gr
    Mutiara 1 sdm
    Bubble 2 sdm

    Cara membuat:
    1. Sediakan mangkuk, isi dengan es serut dan durian montong. Tuangkan gula cair dan susu kental di atasnya
    2. Tambahkan kembali dengan durian, bubble, dan mutiara. Sajikan.



    ES DURIAN 3

    Bahan-bahan :
    a. ½ mangkok durian matang
    b. 5 sendok makan susu cair
    c. 1 cangkir gula pasir
    d. 3 sendok makan tepung maizena
    e. 2 sendok teh ekstra kopi

    Cara Membuat :
    - Susu direbus dengan gula sampai mendidih
    - Tepung maizena, ekstra kopi, durian dicampur jadi satu
    - Campuran ini masukkan ke dalam susu, aduk sampai rata dan tunggu sampai mendidih lagi
    - Kalau semuanya sudah campur, kemudian masukkan ke dalam peti ice, atau kulkas dan diamkan sampai menjadi keras baru daoat dihidangkan



    ES DURIAN 4 
    Pernah denger es durian macam ini? Atau mungkin malah sudah pernah mencoba? Bagi yang baru denger, es durian ini adanya di Bandung tepatnya di Jl. Tubagus Ismail I No.1. Walaupun sepertinya di Tebet, Jakarta Selatan sudah ada cabangnya tapi kalau boleh saya sarankan lebih baik anda mencoba langsung yang di Bandung, lebih punya taste !! :D

    Dalam bayangan saya, bahan dan proses pembuatan es durian ini cukup simple. Asal punya susu kental manis, gula pasir, air dingin, es batu dan tentu saja duriannya, minuman ini sudah bisa dinikmati. Simpel bukan ??

    Di postingan ini saya akan coba share resepnya, dengan catatan resep ini hasil membayangkan saja, jadi...kalau ada yang kurang ya maaf2 saja :P.

    Bahan :
    2 sendok makan susu kental manis
    50 ml air dingin
    2-3 biji durian
    es batu secukupnya
    :: Jika suka manis bisa ditambahkan sedikit gula pasir

    Cara membuat :
    1. Dalam mangkok campur susu kental manis dan air dingin, aduk hingga susu larut.
    2. Beri es batu, aduk. Tambahkan duriannya

    Bagi penggemar durian, resep ini bisa dijadikan pilihan untuk menikmati durian dengan cara yang berbeda, tidak sekedar memakan buahnya begitu saja. Dan jika punya kesempatan mencicipi langsung di kedai nya, durian juga bisa disajikan dengan buah2an yang lain menjadi es campur durian. Jadi..kapan ke Bandung nih?? :P



    Kolak Pisang Durian 1

    Resep ala Fatmah Bahalwan

    Bahan:

    * 5 buah pisang uli, potong serong
    * 250 gr kolang kaling
    * 250 gr gula jawa
    * 500 ml santan air
    * ½ sdt garam
    * 1 ltr santan
    * 2 juring, durian monthong.

    Cara membuat:

    * Masak gula jawa dan air hingga gula larut dan air mendidih, angkat, saring.
    * Masak lagi air gula jawa hingga mendidih, masukkan kolang kaling, biarkan hingga matang. Masukkan pisang uli, masak sebentar, masukkan santan dan garam. Masak hingga mendidih, masukkan daun pandan. Angkat.
    * Sajikan kolak dalam mangkuk bersama satu buah durian. Biarkan buah durian tersiram kuah kolak.

    Sumber: Fatmah Bahalwan



    Kolak Pisang Durian 2

    Bahan:
    Kolak Pisang:
    5 bh pisang uli, potong serong
    300 gr gula jawa
    500 ml air

    Ketan Urap:
    300 gr beras ketan
    300 ml air mendidih
    ½ btr kelapa,
    ½ sdt garam

    Kuah Durian:
    3 bj durian
    300 ml santan encer
    3 sdm gula pasir


    Cara membuat:
    - Kolak pisang : masak gula jawa dan air hingga mendidih dan gula larut, saring. Masak lagi bersama pisang, didihkan. Angkat.
    - Ketan urap: kukus beras ketan hingga panas, siram dengan air mendidih, aduk rata, kukus lagi gingga matang. Angkat.
    - Kuah Durian: masak semua bahan hingga mendidih. Angkat.
    - Kukus kelapa parut sebentar, beri garam aduk rata.
    - Penyajian: dalam wadah, taruh sedikit ketan kukus beri taburan kelapa parut, siram dengan kolak pisang dan kuah durian.



    KOLAK DURIAN

    Asik.. asik... dapet oleh-oleh dari Thailand dari bu Audrey... durian montong... tengs yah dry!
    Kolak duren ala padang ini disajikan dengan ketan...

    Bahan:
    100 gr gula merah
    200 ml air
    1 lembar daun pandan
    2 – 3 biji durian
    300 ml santan kekentalan sedang
    Ketan putih yang sudah mateng

    Cara membuat:
    * Didihkan Gula merah, air dan daun pandan, sampai gula merah larut. (saring jika perlu)
    * Masukan durian, biarkan mendidih sebentar.
    * Masukan santan, biarkan sampai mendidih lalu matikan.
    * Sajikan panas atau dingin dengan ketan.



    KOLAK KETAN DURIAN 1

    Rekomendasi :
    Durian merupakan buah yang fenomenal. Banyak yang menyukainya, banyak juga yang tidak. Apalagi di luar negeri sana, buah ini masih begitu asing dan dianggap aneh. Baunya yang khas membuat para penggemar durian menjadi ketagihan. Bisa disantap langsung, dijadikan permen, cake, jus, dan kreatif masakan lainnya. Dapur Cantik menyajikannya dengan masakan ala Medan yaitu buah durian dikolak dengan ketan. Ingin coba? Silahkan!


    Bahan
    * 1 durian ukuran sedang, dagingnya tebal
    * 1/2 kg ketan
    * 1 ons gula merah
    * 200 mL santan instan
    * 150 gram gula pasir atau sesuai selera
    * air secukupnya


    Cara membuat:

    1. Ketan dibersihkan, lalu dikukus. Ada 2 cara yang kami tawarkan. Pertama, jika hanya tersedia dandang, ketan direndam dulu dalam air selama kira-kira 2 jam, lalu dikukus dalam dandang hingga matang. Cara kedua yaitu jika mempunyai magic jar, masak ketan dengan banyaknya air setinggi lebih sedikit dari ketannya, sedikit saja, lalu masak hingga matang. Sisihkan.
    2. Durian dikupas, lalu letakkan semua isinya (dagingnya jangan dibuang dari bijinya) ke dalam piring. Sisihkan.
    3. Sekarang kita buat kuah kolaknya. Rebus gula merah dengan air, lalu saring hingga mendapatkan 1 gelas gula merah cair, kira-kira 200 mL.
    4. Taruh kembali gula merah cair ke dalam panci rebusan tadi. Rebus lagi di atas api sedang dan tambahkan santan instan.
    5. Masukkan gula pasir, sesuaikan manisnya dengan lidah keluarga.
    6. Masukkan buah duriannya, lalu aduk-aduk terus supaya tidak pecah santan.
    7. Setelah mendidih, baru diaduk sesekali. Masak hingga semua daging durian terlepas dari bijinya.

    Cara penyajian untuk perorangan :
    8. Siapkan mangkuk cantik, masukkan beberapa sendok ketan.
    9. Sirami dengan kuah kolak tadi beserta daging durian yang sudah agak hancur dan bijinya juga.
    10. Sajikan hangat.


    Tips :
    - Biji durian enak juga untuk disantap seperti biji nangka.
    - Jika ketan matangnya sudah habis, sementara kuah kolaknya masih ada, bisa dimakan dengan roti tawar juga.
    - Tidak ada pengaruh soal jenis-jenis durian. Yang terpenting adalah pilihlah durian yang dagingnya tebal supaya kolaknya menjadi kental dan lebih enak.



    KOLAK KETAN DURIAN 2

    BAHAN:

    500 gr ketan hitam
    1 buah durian yg besar, sebagian ambil daging buahnya saja, sebagian biarkan utuh
    100 cc santan
    100 gr gula merah
    2 lembar daun pandan
    1/2 sdt garam
    100 kerukan kelapa muda

    Cara membuat:
    1. Kukus ketan hingga setengah matang. Aroni dengan air & sedikit garam. Kukus hingga matang
    2. Kuah: masak santan, gula merah, daun pandan & garam hingga mendidih. Aduk hingga tidak pecah. Sejenak sebelum diangkat masukkan durian. Masak hingga mendidih. Angkat
    3. Campur dengan ketan & kerukan kelapa muda. Sajikan hangat atau dingin dengan menambah serutan es



    KOLAK PISANG KETAN DURIAN
    oleh Pipit

    Bahan :

    Kolak Pisang:
    5 bh pisang uli, potong serong
    300 gr gula jawa
    500 ml air

    Ketan Urap:
    300 gr beras ketan
    300 ml air mendidih
    1/2 btr kelapa,
    1/2 sdt garam

    Kuah Durian:
    3 biji durian
    300 ml santan encer
    3 sdm gula pasir

    Cara membuat:

    1. Kolak pisang: masak gula jawa dan air hingga mendidih dan gula larut, saring. Masak lagi bersama pisang, didihkan. Angkat.
    2. Ketan urap: kukus beras ketan hingga panas, siram dengan air mendidih, aduk rata, kukus lagi gingga matang. Angkat.
    3. Kuah Durian: masak semua bahan hingga mendidih. Angkat. Kukus kelapa parut sebentar, beri garam aduk rata.
    4. Penyajian: dalam wadah, taruh sedikit ketan kukus beri taburan kelapa parut, siram dengan kolak pisang dan kuah durian. Selamat Mencoba!



    Tulisan tentang Nikmatnya Durian Olahan

    dari antarasumut.com
    Siapa tak kenal durian, buah beraroma khas ini selalu dicari karena rasanya sulit dilepaskan dari lidah.
    Buah ini selalu dinikmati dalam bentuk segar, tapi di Medan buah durian yang manis dan terkadang terselip juga rasa pahit ini enak juga dinikmati setelah diolah menjadi kolak.
    Seperti aslinya, buah durian yang sudah diolah menjadi kolak ini juga tak kurang nikmatnya. Seperti apa rasanya, jika penasaran untuk menikmati kolak durian,anda sepertinya wajib berkunjung ke kawasan Jalan DR Mansur, tepatnya di depan kampus Universitas Sumatera Utara.
    Meski dijual di pinggir jalan, namun lokasi untuk menikmati kolak durian masih terbilang cukup nyaman. Kecuali kalau lagi sial karena tiba-tiba petugas penertiban melakukan operasi. Tapi yang jelas rasa kolak durian yang dijajakan di pinggir jalan ini akan mengundang lidah ingin terus mencicipinya sekali mencoba.
    Seberapa banyak penggemar kolak durian bisa dilihat dari banyaknya jumlah gerobak penjual minuman segar plus mengenyangkan ini. Di kawasan ini ada puluhan gerobak penjual kolak durian dan anda bisa leluasa untuk memilih.
    Awalnya kolak durian hanya disuguhkan dengan pulut saja dicampur santan dan larutan gula aren. Namun seiring berjalannya waktu, banyak konsumen yang meminta kalau campuran kolak durian tidak hanya dengan pulut saja tapi juga pisang rebus.
    “Saya suka dengan kolak durian karena isinya macam-macam. Tidak seperti, kolak hanya dicampur dengan pulut saja” tutur Bowo yang ditemui di salah satu warung durian yang berjajar di sepanjang kawasan Jalan DR mansur.
    Kolak durian makin terasa nikmat jika dinikmati saat cuaca panas.Tak heran jika banyak pengendara yang melintas kadang enggan melewatkan begitu saja rasa kolak durian.
    “Lumayan bisa sambil istirahat sejenak sambil membasahi lidah dengan segarnya kolak durian,” kata Dedi.
    Lokasinya yang berada di tepi jalan rindang dengan pepohonan ini juga membuat tempat berjualan kolak durian dimanfaatkan untuk tempat berkumpul anak muda.Lumayan selain bisa menikmati segarnya kolak durian, kita juga bisa “cuci” mata. (pkl/nop)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar